Kristanto Goenadi. Produk terbaru kita ini benar-benar baru dengan desain sendiri. |
Generasi awal Minerva R150 memang masih berbentuk mirip Honda CBR 150, malah desainnya boleh dibilang sama persis. Tapi khusus untuk varian terbarunya, Minerva R150VX, PT Minerva Motor Indonesia (MMI) sepertinya ingin melepas image copy-paste desain produk-produknya.
“Produk terbaru kita ini benar-benar baru dengan desain sendiri. Kita minta bantuan dari Sachs dan Migelli untuk mendesain dan men-develop mesinnya,” ungkap Kristanto Goenadi, Presdir PT MMI. “Maka dari itu desainnya benar-benar baru. Tidak seperti Honda CBR 125 yang banyak orang kira,” yakin pria berkaca mata ini.
Secara desain memang jauh berubah. Tetap berfairing, namun garis-garis tajam menghiasi penampilan luar Minerva R150VX. Selain desain, beberapa penambahan fitur seperti head lamp projector, sein LED dan speedometer dengan sistem digital juga memberikan nilai lebih.
Sedikit cerita tentang speedometer, bila pada versi sebelumnya masih menggunakan kabel di roda depan. Kini speedometer Minerva R150VX sudah tanpa kabel karena menggunakan sistem digital. Tapi penampilan speedometer dan takometer-nya masih analog dengan jarum. Sedang yang benar-benar disajikan dalam bentuk digital adalah indikator bahan bakar dan voltmeter.
Penggunaan speedometer digital ini juga salah satu efek dari diubahnya sistem pengapian dari AC ke DC. Dengan pengapian DC suplai arus listrik ke semua komponen yang membutuhkan jadi lebih stabil. Perangkat pengapian juga diklaim lebih awet dengan sistem DC.
Lalu bagaimana dengan performanya? Minerva R150VX diyakini mampu memuntahkan tenaga 1 dk lebih besar dari versi sebelumnya, Minerva R150 yang hanya 12,5 dk. “Kita sudah meminta Sachs dari Jerman untuk menyempurnakan mesinnya,” ungkap Kristanto.
Padahal mesinnya secara garis besar tidak ada yang berbeda. Rasio hingga perbandingan bore dan stroke-nya sama. Begitu juga dengan penambahan oil cooler pada Minerva R150VX juga telah dipasang pada varian sebelumnya.
Minerva R150VX mengusung mesin yang sama dengan Minerva R150. Berkapasitas 150cc, satu silinder dengan konfigurasi diameter piston 61 mm dan stroke 49,5 mm. “Perbedaan hanya di settingannya saja. Seperti setelan pada karburator, tapi efeknya cukup baik bisa meningkatkan tenaga hingga 1 dk,” jelas Jasin Jasid dari divisi teknik PT MMI.
“Produk terbaru kita ini benar-benar baru dengan desain sendiri. Kita minta bantuan dari Sachs dan Migelli untuk mendesain dan men-develop mesinnya,” ungkap Kristanto Goenadi, Presdir PT MMI. “Maka dari itu desainnya benar-benar baru. Tidak seperti Honda CBR 125 yang banyak orang kira,” yakin pria berkaca mata ini.
Secara desain memang jauh berubah. Tetap berfairing, namun garis-garis tajam menghiasi penampilan luar Minerva R150VX. Selain desain, beberapa penambahan fitur seperti head lamp projector, sein LED dan speedometer dengan sistem digital juga memberikan nilai lebih.
Sedikit cerita tentang speedometer, bila pada versi sebelumnya masih menggunakan kabel di roda depan. Kini speedometer Minerva R150VX sudah tanpa kabel karena menggunakan sistem digital. Tapi penampilan speedometer dan takometer-nya masih analog dengan jarum. Sedang yang benar-benar disajikan dalam bentuk digital adalah indikator bahan bakar dan voltmeter.
Penggunaan speedometer digital ini juga salah satu efek dari diubahnya sistem pengapian dari AC ke DC. Dengan pengapian DC suplai arus listrik ke semua komponen yang membutuhkan jadi lebih stabil. Perangkat pengapian juga diklaim lebih awet dengan sistem DC.
Lalu bagaimana dengan performanya? Minerva R150VX diyakini mampu memuntahkan tenaga 1 dk lebih besar dari versi sebelumnya, Minerva R150 yang hanya 12,5 dk. “Kita sudah meminta Sachs dari Jerman untuk menyempurnakan mesinnya,” ungkap Kristanto.
Padahal mesinnya secara garis besar tidak ada yang berbeda. Rasio hingga perbandingan bore dan stroke-nya sama. Begitu juga dengan penambahan oil cooler pada Minerva R150VX juga telah dipasang pada varian sebelumnya.
Minerva R150VX mengusung mesin yang sama dengan Minerva R150. Berkapasitas 150cc, satu silinder dengan konfigurasi diameter piston 61 mm dan stroke 49,5 mm. “Perbedaan hanya di settingannya saja. Seperti setelan pada karburator, tapi efeknya cukup baik bisa meningkatkan tenaga hingga 1 dk,” jelas Jasin Jasid dari divisi teknik PT MMI.
Dengan segala penyempurnaan ini, Minerva R150VX dijual Rp 16,5 jutaan, on the road Jakarta. Harga yang hanya selisih Rp 700 ribu dari versi terdahulunya, Minerva R150. Minerva R150VX ditawarkan dengan tiga pilihan warna yaitu merah, putih dan hitam.
sumber = http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=otonews
{ 1 comments... read them below or add one }
kalau dibali , dmn yahh ad showroom minerva?
Post a Comment