Mobil Pembenrani dan Penantang

Posted by djepok on Thursday, April 29, 2010



KOMPAS.com — Patut diacungi jempol buat Priyo Wibowo karena kenekatan dan keberaniannya. Bayangkan, dengan tampilan Honda Accord 2001 seperti itu, remaja asli Samarinda ini nekat melakukan perjalanan Yogyakarta menuju Surabaya sejauh 365 km.

Mau tau berapa lama perjalanan? 10 jam! Bukan perjalanan iseng, tapi ia ingin ikut kontes dan sekalian mengirim mobil ke kota asalnya di Samarinda.

Kalau pakai ban standar, mungkin tidak jadi masalah. Keempat roda dipasangi velg 20 inci celong, plus body kit custom. Toh, ia bisa melesat dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Bisa secepat itu karena keempat kaki-kaki sudah dibekali suspensi udara (airsus). "Gue benar-benar mau menguji ketangguhan balon airsus-nya. Ternyata buat luar kota oke, dalam kota justru aman," bilang Shanto, rekan Bowo dalam perjalanan.

Suspensi udara yang dipakai bermerek Universal Air. Pemasangan sedikit ribet karena harus membuat dudukan baru menggunakan pelat baja 5 milimeter. Pemasangannya memakan waktu 2 hari.

Agar tampilan mobil ceper abis, fender asli ditarik ke luar agar memberi ruang yang cukup buat naik turun velg dengan offset 28 belakang dan 30 depan. Plastik bagian dalam fender diganti dengan bahan fiber untuk menutupi inner fender kanan dan kiri.

Alhasil, perjalanan nekat yang tiba di Surabaya jam 5 pagi dengan setelan airsus 75 psi depan dan 60 psi belakang berakhir sukses. (Domas)

Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2010/04/28/22091356/Nekat.Yogyakarta.Surabaya.10.Jam

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment