Printer Tinta Multifungsi Ramah Lingkungan

Posted by djepok on Thursday, May 6, 2010

VIVAnews - Hewlett-Packard baru saja meluncurkan tiga buah printer tinta multi fungsinya ke pasaran. Tiga printer All-in-One yang menyasar untuk perusahaan itu, adalah HP Officejet 6500, HP Officejet 4500, dan HP Photosmart C4780.

Kemampuan printer-printer multifungsi memang biasanya dibutuhkan untuk mendukung produktivitas kantor. Namun, kemampuannya untuk mencetak dokumen, mencetak foto, mem-foto kopi, menerima dan mengirim faksimili, juga bisa dimanfaatkan untuk produktivitas yang berkaitan dengan hobi dan kreativitas rumahan.

Ketiga printer tinta multifungsi besutan HP kali ini merupakan printer-printer yang mendukung koneksi nirkabel Wi-Fi. HP Officejet 6500 adalah inkjet HP yang bakal bersaing dengan Canon Pixma MX700.

HP mengklaim Officejet 6500 berkecepatan cetak hingga 32 halaman per menit (ppm) untuk hitam putih, dan 31 ppm untuk pencetakan grafis.
Tak hanya mampu beroperasi di jaringan Wi-Fi, printer ini juga menyediakan koneksi ethernet, dan bisa menangani tugas pencetakan dari 10 pengguna komputer.

Selain itu, Officejet 6500 juga mampu memblokir pencetakan faksimili yang berasal dari nomor tertentu yang tidak diinginkan. Ia menyertakan 250-sheet tray masukan serta automatic document feeder (ADF) hinga 35 lembar.

Tray masukan juga bisa menangani berbagai ukuran media, mulai dari kertas foto berukuran 4x6, atau kertas berukuran legal. Officejet 6500 menggunakan memori tambahan MMC/SD, xD, dan MS/Duomedia cards.

Sayang, printer ini tak menyediakan port PictBridge. Printer ini disertai dengan aplikasi HP Solutions Center dan Photosmart Essentials yang menyediakan tool manajemen sekaligus software penyunting foto (photo-editing).

Sementara itu, Officejet 4500 All-in-One merupakan printer mutifungsi yang diklaim mampu mencetak dengan kecepatan 20 ppm, dan mendukung berbagai jenis cetakan kreatif seperti pembuatan scrapbook, replika berbahan kertas, serta kerajinan kreatif lainnya.

Hasil cetakan printer ini disebut-sebut mampu kering dalam waktu singkat. Ia juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang bisa mengirit waktu pekerjaan seperti fitur scan to folder, yang akan langsung mengirimkan hasil pemindaian ke folder komputer.

Yang tak kalah penting, dengan konsumsi daya yang diklaim cuma 17 watt, serta katrid tinta yang bisa didaur ulang, HP mendapuk Officejet 4500 sebagai printer multifungsi yang paling ramah lingkungan.

Terakhir, HP Photosmart C4780 adalah printer foto yang diklaim juga mampu menghemat energi lebih dari 30 persen dibandingkan dengan model terdahulu.
Ia membesut display HP Touchsmart berwarna 1,45 inci, untuk mempermudah penyetelan pencetakan, status, dan menyediakan pangkalan USB, serta slot MS, SD, dan xD Card.
"Selain untuk keperluan kantor, fitur-fitur yang dimiliki printer-printer ini juga bisa digunakan untuk pengguna rumah," ujar Alia Octhora Dewi, Market Development Manager IWS Hewlett-Packard Indonesia, di Jakarta.
HP membanderol HP Officejet 6500 seharga Rp 2,8 juta. Sementara HP Officejet 4500 dijual Rp 1,35 juta. Adapun HP Photosmart 4780 dilabel seharga Rp 1,3 juta. (hs)

Sumber :http://teknologi.vivanews.com/news/read/149289-printer_tinta_multifungsi_ramah_lingkungan

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment